Tahapan dan Prosesi Pelantikan Kepala Mts. Muhammadiyah PP Ma'alip Sei Jernih Talu Periode 2023-2027 Berjalan Lancar - AYAM DAN TELOR

Selasa, 18 Juli 2023

Tahapan dan Prosesi Pelantikan Kepala Mts. Muhammadiyah PP Ma'alip Sei Jernih Talu Periode 2023-2027 Berjalan Lancar


Dhamasrayanews,Sungai Janiah Talu |  Tahapan panjang sampai Proses Pelantikan Kepala Mts. Muhammadiyah PP Maalip Sei Jernih Talu Periode 2023- 2027 berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 18/07/2023


Berdasarkan Ketentuan Majelis Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah Nomor 99/KTN/1.4/F/2018 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala dan Wakil Kepala Sekolah/Madrasah Muhammadiyah, maka Setiap Madrasah dibawah naungan muhammadiyah yang telah habis masa periodisasinya sebagai pimpinan madrasah baik kepala sekolah atau wakil kepala diminta untuk mengajukan kembali calon kepala yang diusulkan oleh guru dan kepala sekolah untuk di seleksi kembali.


Mekanismenya kepala sekolah dan guru di madrasah bermusyawarah mencalonkan 3 orang/lebih calon kepala madrasah, dan untuk MTs Muhammadiyah PP Maalip Sei Jernih sendiri Memilih dan mencalonkan 3 orang guru untuk calon kepala sekolah yang diajukan diantaranya Yutaswin S.T,  Mainas. S. Pd.I dan Irsyadi Helmi, S. Pd.


Ketiga Calon kepala Madrasah melengkapi pemberkasan sebagai syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh masing masing calon kepala, calon kepala yang memenuhi syarat akan mengikuti tahapan selanjutnya.


Setelah berkas dinyatakan lengkap maka Selasa 13 Juni 2023 Dikdasmen Talamau mengundang Calon Kepala Mts PPMM untuk mengikuti Fit and Propertest yang bertempat di Mts PPMM, dalam kesempatan itu calon kepala yang menghadiri hanya 2 orang yakni Yutaswin, S.T dan Mainas, S.Pd.I sedangkan Irsyadi Helmi, S.Pd berhalangan hadir.


Selanjutnya Sabtu 24 Juni 2O23 Mengikuti Fit and Propertest yang di selenggarakan oleh Pimpinan Dikdasmen Daerah Pasaman Barat, bertempat di SMP Al Azhar Muhammadiyah Suko Mananti dan calon kepala yang menghadirinya hanya Yutaswin, S.T.


Tahapan demi tahapan telah dilalui hingga akhirnya Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pasaman Barat Menerbitkan Surat Keputusan  Tertanggal 01 Juli 2023 dengan Menetapkan Yutaswin, S.T sebagai Kepala Madrasah Tsanawiyah PP Maalip Muhammadiyah Sei Jernih Talu Periode 2023-2027


Kemudian dalam acara pelantikan di hadiri oleh PDM Pasaman Barat, PCM Talamau, Wali Nagari Sungai Janiah Talu, Bamus Nagari Sungai Janiah Talu, para Alumni Perguruan Muhammadiyah, para guru muhammadiyah, dan Tokoh Masyarakat.


Kehadiran PDM dan rombongan disambut dengan tarian oleh siswi MTs PPMM Sei Jernih Talu, dan sambut oleh PCM Talamau  bersama seluruh undangan yang hadir.


Acara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu indonesia raya dan mars muhammadiyah, pembacaan surat keputusan oleh sekretaris PDM tentang pengangkatan kepala madrasah yang baru dan pemberhentian kepala dengan hormat kepada kepala madrasah yang lama dan Penyerahan penghargaan kepada Kepala  MTs PPMM Periode, 2015-2019 dan 2019-2023 (2 Periode)


Dalam Sambutannya Dedi Darfi, S.H kepala madrasah yang lama selama menjabat 2 periode banyak yang telah dilakukan berjalan dengan lancar dan baik, dan memberikan wajah baru dengan pernah mendapatkan prestasi nilai UN tertinggi dan dapat penghargaan dari majelis dikdasmen. Lomba KSM tingkat provinsi juara Harapan, sedangkan untuk pembangunan tidak terlalu signifikan baru melakukan rehap rehap ringan, memanfaatkan bantuan BOS afirmasi, CSR yang di usulkan ole Ibu Nevi Zuairina Anggota DPR RI melalui PT Kimia Farma dan bantuan lainnya, ulasnya


Kepala Sekolah yang baru Yutaswin, S.T dalam sambutannya menyampaikan Tugas kepala sekolah bukan tugas yang ringan butuh perjuangan pengabdian dan pengorbanan, sesulit apapun rintangan dan halangan jika saling bekerja sama akan meningkatkan mutu pendidikan, karena madrasah kita punya sejarah panjang menghasilkan kader yang luar biasa mari bekerja sama untuk membangun madrasah supaya keberadaan dan eksisitensi dikenal oleh masyarakat luas, dan Program utama saya adalah menghidupkan kembali dakwah remaja di masjid masjid di kampung kampung, tuturnya


Sekretaris PCM Talamau Ajumril, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan Ucapan terima kasih kepada kepala madrasah yang lama, dan untuk kepala madrasah yang baru, "saling berkoordinasilah bersama, untuk MTs yang lebih baik dan bermutu" ungkapnya


Ketua PDM Pasaman Barat Ronaldi, M.Pd menyampaikan Ucapan selamat kepada Yutaswin S.T dan mengucapkan  Terima Kasih juga kepada Dedi Darfi, S.H kepala madrasah yang lama, setiap potensi harus bergerak memajukan amal usaha muhammadiyah, perlu penajaman dan penekanan tentang muhammadiyah dengan mengikuti kaidah kaidah oirganisasi.


Dan acara terakhir penyerahan SK Kepada Kepala Madrasah MTs M PP Maalip Sei Jernih yang diserahkan Sekretaris PDM Pasaman Barat.


Rifki (Kabiro)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda